Kejutan Kedua Negeri Liliput di Pentas Sepakbola Dunia

59dbed0703658-timnas-islandia_663_382

Berita BolaKejutan Kedua Negeri Liliput di Pentas Sepakbola Dunia

Sensasi Islandia tak berhenti. Setelah berhasil menggebrak di Piala Eropa 2016, Islandia kembali mencatatkan prestasi luar biasa dengan lolos ke Piala Dunia 2018, Rusia.

Islandia lolos otomatis karena finis di posisi puncak klasemen akhir Grup I kualifikasi zona Eropa. Secara mengejutkan, Islandia berhasil mengangkangi tim kuat di Grup I, Kroasia.

Keberhasilan Islandia lolos ke Piala Dunia 2018, tentu menjadi sejarah terbesar sepanjang sepakbola mereka. Ini kali pertama negara yang memiliki sekitar 335 ribu penduduk tersebut tampil di pesta sepakbola terbesar dunia tersebut.

Dilansir Guardian, Islandia pun mencatatkan diri sebagai negara terkecil yang main di Piala Dunia 2018.

Sebelum Islandia, sebenarnya sudah ada Trinidad and Tobago (1,3 juta penduduk), Irlandia Utara (1,85 juta penduduk), Slovenia (2,08 juta penduduk), dan Wales (3,1 juta penduduk).

[ Baca Juga :” Laga Indonesia U-19 Kontra Thailand Aman, PSSI Puji Kepedulian dan Kesadaran Suporter “]

“Aneh, saya tak tahu apa yang harus dibicarakan. Pikiran saya ke mana-mana,” kata pelatih Islandia, Heimir Hallgrimsson, dilansir Link Alternatif SBOBET

Kiprah Islandia di kualifikasi Piala Dunia 2018 memang sangat tak terduga. Di awal, banyak yang memprediksi Islandia akan kesulitan bersaing di Grup I karena dikepung oleh tiga tim yang sudah berpengalaman di Piala Dunia macam Kroasia, Ukraina dan Turki.

Kenyataan bicara sebaliknya. Tiga tim tersebut justru yang direpotkan Islandia.

Islandia dan Kroasia justru saling mengalahkan. Saat jumpa Turki, Islandia sukses mempermalukan mereka di laga kandang dan tandang. Lalu, Islandia tak bisa dikalahkan Ukraina dalam dua pertemuan, sekali imbang dan satu kali menang.

Secara keseluruhan, Islandia cuma kalah dua kali dan imbang dalam satu kesempatan sepanjang fase kualifikasi. Dua tim yang mampu mengalahkan Islandia adalah Kroasia serta Finlandia. Atas hasil tersebut, Islandia menjadi pemuncak klasemen Grup I dengan koleksi 22 poin.